Halaman

Jumat, 24 April 2015

Perjalanan Menulisku

Perjalanan menulisku dimulai ketika aku duduk di kelas 1 SMP. Yaitu; dengan berkorespondensi. Karena pada masa itu korenspondensi sedang ngetrend.
Saat kuliah tingkat dua, di dalam kampus, aku bergabung dalam ekskul bahasa Jepang. Di sana, aku menjadi staff publikasi yang tugasnya; membuat mading, brosur, dll. Setelah satu tahun menjabat, akhirnya terjadi regenerasi pergantian pengurus.

Pada masa awal bekerja – tahun 2004 - aku sering mendengarkan kaset khotbah Ibu Pdt. Iin Cipto. Iseng-iseng, aku membuat cerpen anak berdasarkan salah satu ilustrasi khotbah Beliau.  Sekitar tahun 2006-2007, gereja Kharismatik tempatku beribadah mengadakan lomba mengarang cerpen, maka kukirimlah cerpen tersebut ke sana.  Tak disangka, cerpen itu menjadi juara pertamanya.  Aku jadi semangat menulis!

Tahun 2008, aku mengambil kursus menulis online asuhan Pak Jonru. Bagian fiksi.  Sambil belajar, aku ikut menjadi penulis cerita anak di redaksi buletin gereja Katolik, juga menjadi penulis lepas di sebuah majalah anak-anak Kristiani.  Aku menulis di redaksi buletin gereja Katolik, sampai terjadi regenerasi. Di majalah anak-anak Kristiani, sampai (redaksinya) ‘gulung tikar.’ Tahun 2012-2013 saat profesi penulis menjadi profesi idaman orang-orang, aku pun ikut menulis pada buku-buku antologi.  Juga di sebuah majalah digital khusus anak-anak bernama Halo Nanda.

Dari tahun 2006 – 2013, tulisanku masih belum memberikan penghasilan yang mumpuni.  Barulah pada tahun 2014 kemarin, pintu rejeki mulai terbuka, dimana salah seorang penulis senior; Kak Ita Siregar, memintaku untuk mengirim cerpen anak pada media cetak yang hendak Beliau terbitkan.  Sambil berdoa meminta hikmad pada Tuhan, aku langsung mengetik di komputer, lalu kukirim lewat email.  Beberapa hari kemudian, Beliau meminta nomor rekening tabunganku. Tulisanku dibayarnya dalam jumlah yang cukup besar.  Harapanku, suatu hari nanti tulisan-tulisanku bisa semakin bagus, hingga bisa menjadi penopang utama hidupku.

*Dimuat di Facebook & Twitter Penerbit Leutika Prio tgl 22 s/d 28 April 2015 sebagai salah satu cerita inspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar